Translate
PPD- PENGEMBANGAN
PESERTA DIDIK
Terbagi oleh 2 pemahan :
1.ETIMOLOGI
Fisik
berarti jiwa / ruh.
Logos [
ilmu.
psikologi[
ilmu yang mempelajari jiwa / ruh.
2. TERMINOLOGI
Mengenal
dengan konsep ruh atau jiwa tidak dapat di amati,sulit di ukur ,sulit di
telaah secara ilmiah . yang dapat di
amati ,di ukur , di telaah adalah perilaku organisme tersebut.
`KONSEP PERKEMBANGAN
Pertumbuhan (growt)
Perubahan
yang bersifat kuantitatifbaik perubahan secara ilmiah maupun hasil belajar.
Kematangan (maturation)
Perubahan
kualitatif fungsi psikofisik organismesinya, dari tidak siap menjadi siap
melakukan fungsi perubahannya secara alamiah dari hasil belajar.
belajar(learning)
peruabahan
perilaku sebagai akibat pengalaman di sengaja yang bertujuan agar terarah baik
secara kualitatif maupun kuantitatif.
latian(exrcise)
perubahan
perilaku yang lebih bersifat mekanistis dan lebih banyak menyentuh .
[keempat
poin tersebut yaitu growt, maturation, learning, exrcise itu sama sama saling
menghasilkan perubahan perilaku yang menyebabkan organisme mengalami
perkembangan (development).
Factor factor yang mempengaruhi perkembangan
·
Aliran
natuisme
1. Tokoh =schoupen hower.
2. Perkembangan organism di tentukan oleh
factor pembawaan (nativus).
3. Penelitian henry bodaard terhadap keluarga marin
kallikak.
·
Aliran
empiris
1. Perkembangan organisme di tentukan oleh
factor lingkungan .
2. Teori tabula rasa jhon locke.
3. penelitian J.B. Watson.
·
Aliran
konvergensi
1. Tokoh =William stam.
2. Perkembangan ditentukan oleh factor
pembawaan mauoun lingkungan .
Factor nature vs
nurture .
Heredity-education.
Genetic – socialization.
Inborn – learning.
Instinct – acquired.
Environment (dibentuk lingkungan).
Prefomed (sudah di bentuk).
Experience (pengalam pengalaman).
Innate (pembawaan dari lahir).
Prinsip prinsip
perkembangan
o
Chepalocaudal
= perkembangan dimulai dari kepala kekaki.
o
Proximadistal
= perkembangan dari tengah menuju kearah luar ,dari arah dekat ke arah jauh.
Tugas perkembangan
Tugas perkembangan adalah Suatu tugas
yang ada periode tertentu yang harus diselesaikan dengan baik.
Sumber tugas
perkembangan
v
tuntunan
masyarakat .
v
social
budaya.
v
Perkembangan
kematangan fisik.
v
Norma
agama.
Kematangan
ü
Kesiapan
psikofisik organisme untuk melakukan fungsi fungsinya ,contoh = pada usia 6-7 tahun.
ü
Kognitif
masuk pada periode operasional konkret.
ü
Anak sudah
bisa berfikir logis tetap harus di sertai pengawasan.